TIPS UMUM TENTANG JAMUR

TIPS UMUM TENTANG JAMUR

 

Tips Memilih Jamur:

Jamur dapat dijumpai di alam terbuka. Pastikan anda sudah familiar dengan jamur jamur yang akan anda petik apabila akan mengonsumsi jamur yang tumbuh dengan liar. Beberapa jamur memiliki racun sehingga tidak baik untuk dikonsumsi. Disarankan agar hanya memilih yang anda benar benar tahu dan yakin bahwa jamur tersebut dapat dikonsumsi.

Agar lebih mudah, pilihlah jamur yang dijual di super market kesayangan anda. Sudah dapat dipastikan bahwa super market hanyak menjual jenis jenis jamur yang dapat dikonsumsi.

Setelah mengetahui jenis jamur yang akan dipilih, pastikan kesegaran jamur tersebut. Jamur yang dijual curah, tidak dalam vacuum pack,baik cup maupun pouch, memiliki tingkat kesegaran yang lebih tinggi. Apabila jamur ini bertopi, pilihlah topi yang bersih, tidak memar ataupun cacat lainnya. Beberapa jenis jamur memiliki warna coklat dan terkesan kotor seperti jamur Portabella. Jamur jenis ini tidak bisa diidentifikasi kesegarannya dari warna, melainkan kondisi fisik yang tidak terdapat memar dan sayatan.

 

Tips Menyimpan Jamur:

 

Jamur sangat sensitive terhadap suhu dan juga sentuhan fisik. Oleh karena itu diperlukan penanganan khusus agar jamur yang kita simpan tidak mudah membusuk yang mengakibatkan jamur yang sudah kita beli tidak bisa kita konsumsi.

 

Berikut beberapa tips untuk menyimpan jamur:

  1. Tempat penyimpanan jamur paling baik adalah dalam lemari es. Suhu dinginnya dapat menjaga umur jamur dan memperlambat proses pembusukan.
  2. Masukkan jamur ke dalam kantong kertas, atau bisa juga dibungkus kertas coklat polos untuk menghindari sentuhan dengan dinding atau lantai lemari es.
  3. Berikan alas antara kantong kertas pembungkus jamur dengan lantai lemari es, karena lantai lemari es suhunya lebih dingin dari yang dibutuhkan jamur, dan lebih dingin dari suhu udara di dalam lemari es.
  4. Simpan di lemari es bagian bawah dikarenakan biasanya suhu terdingin dalam lemari es adalah bagian atas, di mana letak blower pendinginnya tersimpan.

 

Tips Memasak Jamur:

 

Jamur sangat sensitive terhadap suhu, selain suhu dingin suhu panas juga sangat mempengaruhi kualitas jamur ketika dimakan nanti. Berikut beberapa tips dalam memasak jamur:

  1. Hindari mencuci jamur. Mencuci jamur akan membuat jamur lembab dan merusak tekstur. Apabila ingin membersihkan jamur, bisa dengan menggunakan kuas khusus membersihkan jamur atau juga dengan kain ataupun kertas kering.
  2. Jamur dapat dimasak sebagai bahan utama, bahan tambahan ataupun hanya sebagai pelengkap. Sebagai bahan utama jamur dapat ditumis. Jamur memiliki rasa yang khas yang dapat dimunculkan dengan penambahan sederhana seperti mentega atau minyak zaitun. Jamur mengandung banyak air, sehingga akan menyusut selama proses memasak. Juga harap disadari bahwa jamur mudah menyerap lemak, jadi selalu gunakan mentega atau minyak zaitun untuk memasaknya.
  3. Menumisyang tepatmembutuhkanpanas tinggidan minyakyang cukupuntuk melapisipancidan jamur. Teknikmemasakyang tidak benardapatmengakibatkanjamurlembekatau berlendirdengan rasayang buruk.
  4. Beberapa jamur cocok digabungkan dengan telur. Bisa dibuat omelet jamur.
  5. Jamur juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan seperti dalam saus atau pasta jamur. Jamur yang cocok digunakan untuk saus jamur adalah jamur merang ataupun jamur champignon/kancing yang berukuran kecil.
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s